Pages

Saturday, February 23, 2013

Beberapa Pertimbangan Sebelum Memutuskan Adopt Sugar Glider


Sebelum anda memutuskan untuk adopt Sugar Glider, sebaiknya anda mempertimbangkan kembali beberapa pertimbangan dibawah ini:

Dapatkah anda bertanggung jawab untuk merawat Sugar Glider anda?

Sugar Glider adalah makhluk hidup bukan benda mati, mereka  memerlukan tanggung jawab yang sangat besar. Kebutuhan mereka akan makanan dan minuman serta perlindungan harus dipenuhi. Anda tidak bisa hanya menyediakan kandang lantas didalam kandang tersebut selalu diberikan makanan dan minuman yang cukup, lantas anda meninggalkannya. Sugar Glider tidak seperti binatang piaraan seperti burung atau ikan yang hanya menyediakan seperti yang disebutkan diatas.

Dapatkah anda memberikan kandang yang cukup besar?

Sugar Glider memerlukan kandang yang cukup besar yang gunanya agar mereka bisa bermain dan berinteraksi secara bebas. Bergelantungan ataupun berkejaran dengan sesamanya. Apabila anda tidak mempunyai dana yang cukup untuk membeli kandang itu, luangkan waktu beberapa jam untuk berinteraksi dengan Sugar Glider anda untuk menggantikan kekurangan dari kandang yang kecil tersebut.

Apakah anda punya waktu untuk menjaga kandang tetap bersih?

Kandang yang bersih bagi Sugar Glider anda merupakan keharusan. Apabila kandang yang kotor atau tidak terawatt, dapat mengakibatkan penyakit bagi Sugar Glider anda. Sebelum anda memutuskan untuk adopt Sugar Glider, tanyakan pada diri anda, apakah anda mempunyai waktu yang cukup untuk menjaga kandang mereka selalu bersih dan terawatt?

Apakah anda punya waktu untuk memberikan makan dan minum serta kualitas makanan yang baik bagi Sugar Glider anda setiap hari?

Sebagai makhluk hidup, kebutuhan akan makanan dan minuman yang berkualitas sangat dibutuhkan bagi Sugar Glider anda. Apakah anda mempunyai waktu untuk selalu menyediakan makanan dan minuman yang berkualitas bagi Sugar Glider anda?

Karena Sugar Glider adalah hewan yang sangat sosial, apakah anda memiliki cukup waktu untuk bermain dengan secara konsisten?

Sugar Glider adalah makhluk /hewan social yang membutuhkan interaksi dengan adopternya. Sebelum anda memutuskan untuk adopt Sugar Glider, tanyakan pada diri anda apakah anda mempunyai waktu beberapa jam dalam sehari untuk berinteraksi dengan mereka agar mereka tidak stress karena sendirian.

Apakah anda memiliki cukup uang untuk membeli sepasang Sugar Glider untuk menjaga agar mereka tidak kesepian?

Jika ingin adopt Sugar Glider, disarankan untuk adopt sepasang agar mereka tidak sendirian atau stress. Akan tetapi apabila anda tidak mempunyai cukup uang, mengadopt hanya satu ekor Sugar Glider bukanlah suatu masalah asalkan apabila dikemudian hari anda berkomitmen untuk membeli satu ekor lagi sebagai teman jika anda telah mempunyai cukup uang. Apabila anda adopt hanya satu ekor, perhatian lebih selama beberapa jam sangat dibutuhkan dibandingkan anda adopt sepasang Sugar Glider.

Apakah anda memiliki seseorang untuk merawat hewan peliharaan anda jika anda pergi lebih dari 24 jam atau dapat anda awasi Sugar Glider selama di perjalanan?

Hal ini sangat penting untuk menjadi bahan pertimbangan. Sugar Glider adalah hewan yang unik yang memerlukan perawatan yang berbeda dibanding hewan lainnya. Pastikan anda memilik orang yang dapat dipercaya untuk merawat Sugar Glider anda selama anda berpergian. Apabila anda memutuskan untuk membawa mereka selama anda berpergian, perawatan yang baik perlu dipertimbangkan agar Sugar Glider anda tidak stress selama di perjalanan

Apakah Anda memiliki uang jika perlu perhatian medis?

Setiap makhluk hidup butuh perhatian medis bila sesuatu terjadi padanya. Pastikan anda memiliki uang yang cukup untuk merawat atau mengobati Sugar Glider anda jika sakit. Harga obat-obatan dan biaya ke dokter hewan tidaklah murah. Hal ini patut anda pertimbangkan kembali

Apakah ada hewan peliharaan lain di rumah anda yang tidak akan kesulitan untuk beradaptasi dengan Sugar Glider anda?

Apabila anda mempunyai hewan peliharaan lain dirumah, pertimbangkanlah apakah hewan yang telah anda pelihara tersebut dapat hidup berdampingan dengan Sugar Glider anda nantinya. Banyak sekali berita di internet bahwa Sugar Glider dapat hidup berdampingan dengan hewan peliharaan lain. Akan tetapi harap diingat, Di alam liar, Sugar Glider cenderung dalam posisi sebagai mangsa bagi hewan lain. Oleh karena itu Sugar Glider seharusnya di jauhkan dari hewan lain yang cenderung akan memangsanya dan membuatnya stress. Burung-burung biasanya akan membuat Sugar Glider takut dan dapat menyebabkan stress bagi Sugar Glider. Kucing dan Anjing cenderung melihat Sugar Glider sebagai mangsanya dan secara insting kucing atau anjing tersebut akan memangsa Sugar Glider kita. Sebaliknya bagi hewan lain yang lebih kecil dari mereka. Sugar Glider cenderung akan melukai hewan yang lebih kecil dari mereka seperti hamster atau tikus kecil.
Tapi tidak dipungkiri bahwa Sugar Glider juga bisa berteman baik dengan hewan lain seperti kucing atau anjing. Tapi kemungkinan itu sangat kecil bahkan bisa disebut keajaiban yang diberikan oleh ALLAH SWT kepada makhluknya. Bukan hanya Sugar Glider. Sering di publikasikan di media tentang keakraban hewan yang berbeda jenis, seperti kucing menyusui monyet dll. Tp seperti pendapat saya, hal itu adalah suatu keajaiban dan kebesaran ALLAH SWT.
Apakah ada orang di rumah anda yang alergi terhadap bulu binatang?

Ada beberapa orang yang alergi terhadap hewan tertentu. Jadi sebelum anda memutuskan untuk adopt Sugar Glider, periksalah riwayat kesehatan anggota keluarga anda apakah mempunyai suatu alergi terhadap hewan tertentu. Hal ini dapat dicoba dengan mendekatkan Sugar Glider kepada anggota keluarga anda dan melihat reaksinya setelah itu.

Apakah ada dokter hewan di daerah anda yang mengerti tentang penyakit yang biasanya terjadi pada hewan eksotis seperti Sugar Glider?

Sugar Glider adalah hewan yang eksotis, tidak semua dokter hewan mengerti akan penyakit yang biasa dialami oleh Sugar Glider. Oleh karena itu periksalah sekitar tempat tinggal anda, apakah ada dokter hewan yang dapat menangani Sugar Glider anda apabila mengalami suatu penyakit.

Apakah anda dapat mengawasi anak anda apabila mereka bermain dengan Sugar Glider?

Anak kecil terutama balita cenderung belum mengerti apa2 tentang cara penanganan hewan. Anak kecil atau balita cenderung akan meremas sekuat tenaga hewan yang mereka temui. Seperti kita ketahui, Sugar Glider bertubuh sangat kecil dan ringkih. Bayangkan apabila Sugar Glider anda diremas oleh balita anda. Sugar Glider bisa tercekik dan bahkan bisa menyebabkan kematian apabila tidak kita awasi.Terlebih, Sugar Glider dapat glide ke wajah balita kita. Apabila Sugar Glider glide ke wajah balita kita dan melukai mata balita kita, bayangkan apa yang bisa terjadi dengan balita kita nantinya.

sumber : KPSGI

1 comment: