Pages

Friday, May 24, 2013

JANGAN BELI SUGAR GLIDER!!!

Tau gak sih selama ini kalian, terutama para newbie ditipu oleh para pedagang ataupun para breeder SG ???
Katanya SG itu begini....
katanya SG itu begitu....

TERNYATA SEMUA ITU BOHONG !!!

KALIAN SEMUA UDAH DITIPU !!!

TERMASUK OLEH SAYA !!!!!

Tapi karena saya sudah taubat tidak mau nipu lagi, Berikut ini akan saya kasih tau apa-apa saja yang telah saya bohongi kalian semua dan juga semua trik para pedagang ataupun breeder biar dagangannya laku!!!

KATANYA ADOPT SUGAR GLIDER ITU BISA LANGSUNG JINAK !!! HAHAHA

Banyak yang bilang kalo adopt SG itu bisa langsung jinak kayak di video-video atau tayangan di internet dan media lain. Lantas di forum-forum jual beli atau di fasilitas lain disebutkan bahwa SG nya sudah jinak meskipun sudah umur dewasa dan di adopt lama ama adopter sebelumnya.
Hal ini dilakukan agar kalian mau membeli SG tersebut. Padahal ternyata adopt SG baik itu, dari Joey (baby SG) ataupun telah dewasa memerlukan proses untuk berkenalan dengan kita adopter barunya. Jangan kaget setelah sampai dirumah, SG nya crabbing atau bahkan mau gigit (meski masih Joey sekalipun).
Agar SG bisa seperti yang kalian bayangkan di gambar-gambar ataupun di video-video tsb, SG memerlukan proses bonding (mendekatkan diri pada adopternya). Proses bonding inipun tidak bisa hanya sehari ataupun beberapa hari, bahkan memerlukan waktu berbulan-bulan tergantung seberapa sering kita berinteraksi dengan SG kita. DAn juga tergantung dari karakter SG tersebut, apabila SG nya terlalu defensif dan 'berkarakter", akan makin susah juga bondingnya.

KATANYA SUGAR GLIDER ITU GAK BERISIK !!!

Siapa bilang SG itu gak berisik ??? suaranya sangat aneh seperti suara kepiting (crabbing). Apalagi kalo kita adopt yang dewasa terutama yang hasil tangkapan liar (Wild Caught / WC ). Suara itu adalah bentuk pertahanan SG terhadap sesuatu yang mengancam dirinya sebelum akhirnya dia menggigit/menyerang. Apalagi kalau malam hari, karena dia aktif di malam hari / nocturnal, maka dia akan mengeluarkan suara seperti gonggongan anjing (barking). Bahkan untuk SG yang telah bonding (nurut) ama kita. JADI SANGAT MENGGANGGU SEKALI !!!

KATANYA SUGAR GLIDER ITU GAK GIGIT !!!

Katanya SG gak gigit kalo udah bonding atau bahkan dari joey sekalipun ???
Jangan salah !!!
Meski kita adopt SG dari joey sekalipun, jangan berfikir mereka akan gak gigit !!! Banyak yang bilang kalo dari joey gigitannya gak sakit karena giginya belum tumbuh gede. Tapi intinya dia gigit kan ???
Bahkan Sg yang telah bonding sekalipun dia masih suka gigit-gigit kita. Karena SG suka sekali grooming (membersihkan diri satu sama lain), jadi kita yang telah dekat ama dia akan selalu di coba 'dibersihkan' dengan menggigit-gigit kulit kita. Dan mereka selalu tertarik dengan bau-bau yang aneh yang ada di ujung kuku kita, jadi jangan heran dia akan selalu menggigit ujung kuku kita. Sakit lho kalo di gigit !!!
Apalagi kalo membeli yang telah dewasa dan hasil tangkapan liar !!! SAKITNYA MINTA AMPUN !!! BISA BERDARAH !!!
Karena sudah naluri mereka untuk mempertahankan diri dari segala ancaman. Dan Sg yang telah dewasa dari tangkapan liar tersebut belum terbiasa dengan manusia yang disangka ancaman buat diri mereka.
JADI KALO TAKUT DIGIGIT, JANGAN ADOPT SUGAR GLIDER DEH !!!

KATANYA SUGAR GLIDER ITU GAK BAU !!!

Nah ini lagi trik kami untuk menipu kalian !!! Padahal sebenarnya SG itu bau lho !!!
Apalagi kalo adopt yang jantan. Meskipun sebenarnya SG betina juga bisa bau kalo makanan mereka bagus. KALO GAK TAHAN BAU SUGAR GLIDER, MENDINGAN JANGAN ADOPT DEH !!!

KATANYA SUGAR GLIDER ITU BISA DIAJARIN BERAK AMA KENCINGNYA (POTTY TRAINING) !!!

SALAH BESAR !!! SG tidak bisa diajari potty training, bahkan untuk sg yang telah bonding sekalipun !!! Mereka akan selalu berak dan kencing setiap kali kita mau ambil dia dari kandang atau pouchnya.
Ada yang bilang ; "sebaiknya di diemin dulu sebentar buat dia berak ama kencing, trus baru bisa kita ajak maen !!!" SALAH !!!
Mereka akan tetap berak dan kencing meski telah dilakukan hal itu. Gak tau kenapa, mungkin ingin menandai daerah kekuasaannya (lho ??? padahal kan selama ini kita yang sering handle mereka dan kencingnya selalu ditangan itu, masa dikencingi atau ditandai lagi sih???) atau bahkan mereka sekedar ingin kencing atau berak??? Tanyain aja deh ama mereka !!!

GAMPANG KOK MIARA SUGAR GLIDER, CUMA MODAL BUBUR BAYI AJA !!!

Siapa sih yang mau miara hewan yang ongkos perawatannya mahal???
Emang sih adopt SG makanannya cuma bubur bayi aja, yang paling harganya 4.000 an satu sachet itupun bisa buat minimal 1 minggu buat sepasang SG. Tapi kalo mau SG nya lebih sehat, ya harus dikasih sumber makanan yang lain dong. Seperti serangga, sumber kalsium, sumber vitamin dan mineral, madu, dll dll dll.
Kalo mau lebih sehat SG nya, semua bahan makanan itu adalah suatu keharusan !!!
Semua bahan makanan tadi mahal-mahal lho !!!

KATANYA BOLEH ADOPT SATU EKOR AJA !!!

Agak dilema nih.... Sebenarnya itu salah satu taktik para penjual juga sih... Kenapa??? Ya biar laku dong SG nya !!! karena dia cuma punya 1 ekor aja !!! kwkwkwkkwkwkwkwkw
Yang dilema itu adalah kalo cuma bisa adopt 1 dulu untuk sementara ini, itu gpp. Asalkan nanti dicarikan pasangan buat dia kalo udah punya rejeki lagi. Karena meskipun kita sering interaksi ama dia, tarolah bisa 24 jam tanpa henti dalam sehari, kita ini berbeda jenis !!! Mereka membutuhkan teman sesama jenisnya yaitu sesama hewan dan sebangsanya. Adopt sepasang juga untuk menghindarkan penyakit yang tidak di inginkan yaitu stress karena sendirian.

KALO ADOPT SUGAR GLIDER ENAK LHO.... NANTI DIA BISA DIEM ATAU KELIARAN DI BADAN KITA !!!

Emang sih kalo udah punya SG yang udah bonding, SG itu akan anteng atau keliaran di bandan kita aja. Tapi jangan salah !!!
KUKU MEREKA SANGAT TAJAM !!!
Soalnya saya punya kulit yang sensitif, jadi apabila kena luka, agak susah untuk sembuhnya. Bisa dibayangkan kalo kita (terutama cewe) yg kulitnya putih mulus, sering ke spa atau luluran lumpur dan merawat tubuhnya, bisa baret-baret nantinya kena kuku SG yang tajem ini.

ENAK LHO INVESTASI DI SUGAR GLIDER, CEPAT DAPET DUITNYA, KARENA BERANAKNYA MUDAH !!!

Kalo ada yang ngomong gini, gw akan berguru deh ama dia !!!
Soalnya gw yang udah adopt bertahun-tahun, ampe sekarang tetep kere aja tuh !!!
Emang sih tinggal ngomong aja, sediakan aja jantan ama betina dalam satu kandang, ntar juga hamil !!! ntar anaknya dijual deh !!!
Hellooooooooooooooooooooooooo !!!
Lebih baik gantian lu berguru deh ama gw !!! SG akan memasuki masa seksual pada umur 8 bulan untuk betina dan 6 bulan untuk jantan. Tapi sebaiknya betina umurnya agak tua sedikit sekitar 1 tahunan karena biasanya kalo di umur segitu, betinanya suka belum siap dan akhirnya menolak atau bahkan memakan anaknya karena stress.
Gampang kalo begitu mah !!! Sediakan aja jantan yang udah dewasa umur 6 bulanan lebih dan betina yang udah umur 1 tahunan lebih ntar juga beranak !!!
Emang sih teorinya seperti itu !!! Tapi prakteknya susah !!! Sugar Glider akan kawin kalo lingkungannya nyaman, makanan yang tersedia menurut mereka berlimpah hingga mereka gak khawatir ama anaknya nanti hidup atau enggak ( ini salah satu faktor kenapa betina suka makan/reject anaknya). Tapi kadang ada yang dilupakan lagi, cocok atau tidak cocoknya mereka !!! Kalo gak cocok, ya gak bakal kawin !!!
Trus, oke lah mereka berhasil kawin !!!
Itu juga butuh waktu 4 bulan untuk dapat menjual anaknya. Perhitungannya adalah 16 hari setelah kawin, sperma membentuk janin, janin akan ada di dalam kantong ibunya selama 2 bulan, trus selama 2 bulan lagi baru bisa dipisah dari induknya untuk dijual.
KALO MAU INVESTASI DI SUGAR GLIDER JANGAN TANGGUNG-TANGGUNG !!!
ADOPT 100 EKOR SEKALIGUS !!!
DIJAMIN SETIAP HARI BAKAL PUNYA JOEY DEH !!!



Dengan tulisan ini, saya memohon maaf kepada teman-teman yang telah saya bodohi.

Semoga semua tulisan yang telah saya publikasikan bermanfaat bagi teman-teman yang tetep nekat juga adopt Sugar Glider.

Diharapkan setelah membaca dokumen ini, Jangan lagi ada yang yang nekat adopt Sugar Glider, sebelum melakukan riset terlebih dahulu !!!



Regard
Sonny "sonntro" Catro

SUMBER : KPSGI

291 comments:

  1. Mantaaaaaaaf ni dia yg gw cari ...
    Thank'info ny brow pnting bnget bwt gw yg tadinya mo Adop SG. Bwt bhn pertimbngan tentu ny...
    .

    ReplyDelete
  2. Mantaaaaaaaf ni dia yg gw cari ...
    Thank'info ny brow pnting bnget bwt gw yg tadinya mo Adop SG. Bwt bhn pertimbngan tentu ny...
    .

    ReplyDelete
  3. Mantaaaaaaaf ni dia yg gw cari ...
    Thank'info ny brow pnting bnget bwt gw yg tadinya mo Adop SG. Bwt bhn pertimbngan tentu ny...
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaff mas kalau pertimbangan memanglah perlu,, tapi jangan memutuskan keputusan karna tau hal negatifnya saja tapi mas lihat sisi positif dr hal negatisf itu,, karna dibalik kekurangan pasti ada berjuta kelebihan yang tak pernah ternilai.. jika mas ada niat buat pelihara sg hanya untuk lucu2n dan trend keputusan mas untuk membatalkan tepat sekali,, tapi jika mas berniat untuk melatih kesabaran,, tanggung jawab,, kepekaan,, cinta dan kasih sesama makhluk hidup itu sulit didapatkan meski kita tau teori dr semua itu..hewan diciptakan tanpa akal jd kecil kemungkinan menjadi apa yang kita inginkan tp jadi cobalah menjadi apa yg mereka inginkan yaitu memberi cinta..
      Seperti halnya mencintai pasangan jika kita sudah benar2 mencintai pasangan kita apapunyg orang katakan tentang kejelekan pasangan kita, kita akan tetap menyayangi pasangan kita.. nah seharusnya seperti itu..

      Kalau mas pengen melihara yg gg bikin rugi,, gg puup n pee sembarangan,, gg gigit,, gg berisik n malah gg perlu kasih makan yy udah pelihara berbie ajj mas hihihi ini saran saya loohh dari pada mas beralih pengen melihara hewan yg lainnya ntar gg jadi lg karna ada isu negatif tentang hewan ntar gg jadi melihara dehh hihihi

      Delete
  4. waaah gitu yaa? jd ragu2 niii

    ReplyDelete
  5. Sory ini berarti lo jual SG dong broo ? Sekarang kalo emang kita mau coba adobe SG gmn broo ?

    ReplyDelete
  6. Keren Bro..........Informasi Bermanfaat dan Berimbang,Semoga Allah Membalas Kebaikan Saudara.........

    ReplyDelete
  7. Baru gw adop bs jinak ko..malah sekarang mau nambah pengen yg betina

    ReplyDelete
  8. Baru gw adop bs jinak ko..malah sekarang mau nambah pengen yg betina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harganya sekitar brapa gan klo di sini?

      Delete
    2. 450-600rb mas tergantung karakter ma bentuk facenya juga sih (unk anakan/joey)

      Delete
    3. harga 100-150 ribu ada ngak

      Delete
    4. @anonim : segitu bisa dapet flying squirell kembarannya sugar glider hehehe

      Delete
    5. gw dapet 200..biarpun wc tpi jinak...kan pas d penjual sg nya gw cobain satu-satu...

      Delete
    6. beli dimana 200an..?? info dong.. :D

      Delete
  9. klo ini mah ktauan orng males aj..klo mau ga repot mending miara nyamuk aj...namanya miara binatang y ad enakny ad ngga'y..
    Stau gw klo SG mang ga bau koq.ktimbang hamster,kucing.anjing...
    Klo mau adopsi binatang piaraan tanpa syarat.mending miara nyamuk aj

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro miara SG ya? Apa SG yg miara mas bro? Sehingga begitu bencinya sama hewan yg lucu ini... Besok klo Λ∂Ã¥ duit pergi ke dokter bro...periksa kejiwaan ente.

      Delete
    2. Anonim, nyamuk di piara jadi apa tuh haha, ane setuju ama pendapat mu Anonim mendingan miara nyamuk kalo ga mau repot

      Delete
    3. hahaha miara nyamuk buat ikan cupang

      Delete
    4. Hahaha bukan miara nyamuk min tp miara berbie atau boneka ajj hihihihi gg gigit gg puup npee sembarangan juga, malah gg perlu kasih makan hihihi

      Delete
  10. Iya, kalo boleh jujur, ini org malas, gak punya hobby.
    Dan Yang pasti ucapannya tidak relevant.
    Kalo mau bukti survei terhadap org 100 Yang udah peliara SG ini baru relevant hahaha...

    ReplyDelete
  11. Udah kalo mmg si Bro punya SG bawa sini semua dah gw jg minat ini HP gw 085713702718 hehe....

    ReplyDelete
  12. Klo gw sich memang penggemarx SG, bahkan gw mau ternakin. Baru aja gw beli yg joey, jinak kok. Klo meliharax sich gk susah susah amat, malah nyenengin bgt bs bwt ngilangin stress!

    ReplyDelete
  13. Klo gw sich memang penggemarx SG, bahkan gw mau ternakin. Baru aja gw beli yg joey, jinak kok. Klo meliharax sich gk susah susah amat, malah nyenengin bgt bs bwt ngilangin stress!

    ReplyDelete
  14. Klo gw sich memang penggemarx SG, bahkan gw mau ternakin. Baru aja gw beli yg joey, jinak kok. Klo meliharax sich gk susah susah amat, malah nyenengin bgt bs bwt ngilangin stress!

    ReplyDelete
  15. Brarti lo bodoh bro.gw langsung jinak. Ga pantes lo plihara binatang itu. Pelihara ayam kate aja lo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ayam kate mah sama ajj tuhh kayanya kalau di mata pembuat bloger,, kan ayam kate puup n pee sembarangan,, berisik juga,, harus kasih makan yg bagus biar kualitas bagus,, macokk jugaa hahahaha yg pas buat bloger kaya gini melihara berbie atau boneka hahahah

      Delete
  16. Brarti lo bodoh bro.gw langsung jinak. Ga pantes lo plihara binatang itu. Pelihara ayam kate aja lo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayam kate aja jinak mas,saya hobiis ayam kate sama SG

      Delete
    2. itu semua kebalikannya udh bilang kalo dibodohi semua

      Delete
  17. pelihara hewan bener bgt kalo ada suka duka nya... yg harus ini lah itu lah... yg penting bagaimana kita bisa mengasihi peliharaan kita dengan CINTA..

    ReplyDelete
  18. Ko jd takut ya..td ny pgn beli. Tp thnks info ny.

    ReplyDelete
  19. Wih. Jadi tertariknih. Harganya brapa gan. Ane di daerah banda aceh

    ReplyDelete
  20. Dia tuh jual buku berow... Jd dia nulis kayak gitu biar kalian yg pemula pliara SG beli bukunya, coba deh ke toko buku kalo gk pecaya...

    ReplyDelete
  21. jgnkan piara sg, piara pacar juga susah, apalagi males ngerawat ya di gigutlah, pacar lu kalo ngga lu rawat aja lu bisa di gigit...

    ReplyDelete
  22. alah bilang aja lo seorang yang PEMALAS DAN TIDAK PUNYA HOBY/SUKA TERHADAP BINATANG !!!

    kalo lo emang gitu ga mau repot MENDING LO MELIHARA NYAMUK AJA , EEETSS ADA TAPINYA nyamuk aja bisa bikin repot juga lo bisa di hisap darahnya haha.. :-p
    INTINYA setiap memelihara hewan itu pasti ada sukanya , ada dukanya , ada repotnya juga !!!

    yah kalo lo ga mau repot sedikit yah udah ga usah melihara bintang !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya BACA DAN PAHAMI tulisannya. Maksud dia nulis itu buat pertimbangan orang yg mau beli sugar glider. Biarpun bahasanya yg slenge'an tapi gue ngerti maksudnya. Maksudnya bukan nyuruh orang buat ENGGAK pelihara sg. Tapi buat pertimbangan. Lo yg GOBLOK brarti. Hahaha

      Delete
    2. ealah paoknya kau kentot babi

      Delete
  23. alah bilang aja lo seorang yang PEMALAS DAN TIDAK PUNYA HOBY/SUKA TERHADAP BINATANG !!!

    kalo lo emang gitu ga mau repot MENDING LO MELIHARA NYAMUK AJA , EEETSS ADA TAPINYA nyamuk aja bisa bikin repot juga lo bisa di hisap darahnya haha.. :-p
    INTINYA setiap memelihara hewan itu pasti ada sukanya , ada dukanya , ada repotnya juga !!!

    yah kalo lo ga mau repot sedikit yah udah ga usah melihara binatang !!!

    ReplyDelete
  24. waahh nyari sensasi orang ini
    Dia pingin blognya rame dikunjungi orang.
    Udah mending tinggalin aja blog ini !
    Jgn prcaya sama postingannya ini !
    Bener, mending survey orang² yg udah ngadopt SG aja psti jawabannya bnyak yg positif kok !

    ReplyDelete
  25. APBT (American Pit Bull Terrier) udh terkenal ganas ny, aku pun melihara! Binatang kecil yng d sebut SG itu d blg gigit? Mkanan ny mahal? Truss lo mempublikasikan buat jngn melihara ny? Gg bole gitu, gmna klo gw suru tuhan buat nglarang memelihara lo?
    Gg enak kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang Tuhan anak buah lo. Bs di suruh suruh

      Delete
    2. Emang Tuhan anak buah lo. Bs di suruh suruh

      Delete
  26. Lo bilang SG bau? Pit bull lebih bau dri pda itu, n lebih galak,! Smua binatang bauu, n lo juga bau!

    ReplyDelete
  27. Postinagan macam apa ini ??
    siapa bilang Sugar Glider kayak gitu !

    ReplyDelete
  28. BODOH YANG NULIS INI WKWKWKWK YA IYALAH, SETIAP MAHLUK HIDUP ITU PERLU PENDEKATAN KALEEEEEEEEEEEEEEEEE. BEGO LO

    ReplyDelete
  29. Ihhh mas ko bego amat sih?

    ReplyDelete
  30. Sg saya jinak kok, ko kampungan gitu ya anda, kalo tdk suka jangan ngomporin2 gitu, kayak banci deh mulutnya,

    ReplyDelete
  31. lebay lu -___-
    namanya pelihara hewan baru emang gak semudah ngebalikin telapak tangan kalee berooo

    ReplyDelete
  32. HOAXX BELAKA,
    gw baru megang/minjem 5 menit buat foto langsung jinak,
    gentong kosong nyaring bunyinya,

    ReplyDelete
  33. Itu yg di pelihara dy sg apa bukan. Jgn" salah hewan..atau yg posting ga tau sg yg mana..

    ReplyDelete
  34. saya gak jadi pelihara SG ah.. mau pelihara harimau aja. biar bisa gigit sama makan yang buat postingan ini ni. lebay banget. ... lu habis di pecat kah sama ko ahong toko SG.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk..bagus juga ide nya brow.. pelihara harimau biar makan yg buat posting ini. Gw suka cara lo bro, salut

      Delete
  35. Replies
    1. kok kontol kontol kau kontol? oalah kontol anjing kau anak memek babi

      Delete
  36. Elo kagak mandi sehari aja dah baunya minta ampun...sg kagak mandi 5 hari masih blom bau..ayo bau mana lu ama sg ?

    ReplyDelete
  37. Maaf sebelumnya...
    itu postingan saya dapat dari komunitas Sugar Glidernya sendiri lho (KPSGI)...
    coba aja cek sumbernya tuh, klik di paling bawah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud postinganya bagus, mungkin cara penyampaiannya yang perlu diperbaiki. Karena tidak semua orang mudah memahami maksudnya.

      Delete
  38. intinya klo miara yang langsung jinak, piara kecoak aja loe bro.. namanya miara binatang ya harus sabar dan kasih sayang, gue aja yg miara cobra biasa aja.. loe barani gk miara kobra??? pst jwbannya cemen...

    ReplyDelete
  39. ketawa mas bacanya sumpah. yang telaten makanya kl melihara hewan

    ReplyDelete
  40. Apapun yg anda tulis baik itu pengalaman anda maupun dari orang lain mestinya anda jg bersikap bijaksana dengan memberikan solusi terbaik dlm hal ini bukanya anda ngawur saat anda menulis klu mau jujur apa didunia ini yg tdk berbau....tlg anda jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau sok bijak tapi kayak taik lo

      Delete
  41. yang lo piara landak kali? Wkwkwk

    ReplyDelete
  42. ini kontra marketing .... berbicara yang berlawanan .. dapet respon banyak, nongol deh di urutan atas google

    ReplyDelete
  43. SG gue jinak-jinak merpati kok, abis gue jinakin eh dimakan merpati hahahahah

    ReplyDelete
  44. Hahahaha.......Mending Piara Domba.......1 Juta dapat satu pasang juga..kalo sekarat tinggal di potong...daging nya enakkkkkk....

    ReplyDelete
  45. SG tuh bau y? Kukunya panjang y? Suka gigit y? Agak susah jinaknya y? Trus kenapa skrg loe baru bilang? Gwe udh beli tuh hewan ke loe udh brp biji? Klo gt balikin duit gwe smua!! Mana tuh SG udh jd se lusin lg trus masing2 udh punya akte lahir+sertifikat lg.... hahahaha lebay kan..... sama tuh kayak loe... lebay jablay kayak anak alay yg sukanya bilang "mampir saaaaayyyy"

    ReplyDelete
  46. nama lo tu yg pas bkn Sonny "sonntro" Catro, tapi SONTOLOYO KATROK... kalo ga mau ribet,ya jgn melihara lah... lo buat postingan gini cuma mau MPO,memperlihatkan bahwa loe ngerti soal SG, so gue hrs bil WOW gitu???? sok pintar tp malah keliatan bego nya. ckckckck...

    ReplyDelete
  47. gw gk ada mslh tuh plhara SG. gw beli prtama kali sepasang juli 2011. udh beranak 3X. skali beranak atau nglahirin jumlah'y 2 anak, klo d total berarti udh 6 anak, berarti 6 anak slama 2 tahun 3 bln,, & gw niat'y bkn bwt djual tp hobi seneng pelihara'y, toh sesuatu yg dkerjakan dg ikhlas, spenuh hati & senang rezeki akan dtg dg sendiri'y ko

    ReplyDelete
  48. baca ini jd ketawa gw...and rada kesel baca nya hihi...

    mungkin loe yg ga ngerti SG bro..., gw piara oke2 aja tuh, jinak, ga brisik, ga bau, and lucu hihi

    SG jinak kok.., kalo ptama adopt bisa brisik n kaya mau gigit ya mungkin blum kenal bau adopter nya, n dideketin bersuara karna mang ada naluri nya kalo merasa terancam, nama nya juga binatang. Kalo kita kasih makan pakai jari and di ajak maen2...nanti juga jinak....

    SG juga ga brisik...kalo bersuara ya iya lah...namanya juga binatang, kalo mau ga ada suara mendingan lu piara mainan atau patung aja bro..., dijamin diem.

    SG termasuk binatang bersih and ga bau.....
    mungkin lu aja yg males bersihin kandangnya , makanya dibilang bau, kalo ada pup ga dibersihin lama2 ya numpuk, mkanya dibilang bau.
    soalnya SG suka n sering banget bersih2 badan sendiri, kalo piara nya bener n ga males , ya pasti wangi..
    bayangin aja kalo bro pup ga disirem berhari2, mang ga bau !?!

    SG makannya bubur and buah dll lah, mang ga bosen makan bubur mulu, kan perlu di variasiin.., coba aja kalo yg nulis makan nasi plus tempe tiap hari,apa ga enek...

    Hehe..., soal SG beranak , kan situ sendiri nulis bgini
    "Sugar Glider akan kawin kalo lingkungannya nyaman, makanan yang tersedia menurut mereka berlimpah hingga mereka gak khawatir ama anaknya nanti hidup atau enggak ( ini salah satu faktor kenapa betina suka makan/reject anaknya)."

    nah brarti tempat lu miara nya ga nyaman, ga pernah lu bersihin..,and brarti makanan yg lu kasih bubur mulu, makanya lu piara bertaon taon ga branak hihi.

    Kalo berguru sama lu ogah dah....muales tenan

    inti nya kalau mau miara , jgn cuma tau lucu nya doang,,,kan harus ada tanggung jawab, care, dll, kalo ga mau repot mah jangan adopt binatang deh, kasian binatang nya, kalo lu yg di gigit atau di cakar mah masa bodo.


    ReplyDelete
  49. ga bisa dipungkiri ada benernya juga tulisannya, coba deh lu2 gugling iklan2 jualan SG.. jualannya udh kaya jual maenan anak2 aja, banyak bgt yg jual sg dewasa dan jamin seakan2 udh pasti jinak ke owner baru, padahal kenyataannya g gitu kan?
    Yg gini2 bisa nipu orang awam yg g tau sg sama sekali.
    Klo memang lu2 yang komen sayang dan cinta sama sg, tuh musuh2 lu sebenernya,

    ReplyDelete
  50. Saya kurang setuju dengan judul postingan anda , karena hanya secara sepihak. Saya coba memberikan masukan utk anda.

    Yah kembali lagi pada diri masing" , klo memang anda hobi memelihara hewan / binatang , anda harus mempunyai komitmen dan tanggung jawab. Sebelum anda ingin memelihara hewan tsb , coba lah mencari informasi dan pahami karakter hewan yg ingin anda pelihara. Kemudian anda harus mengetahui dampak positif dan negatif nya untuk anda. Suka duka serta konsekuensinya yang anda harus siap hadapi.

    Hal ini dilakukan supaya anda saat mengambil keputusan utk memelihara hewan tsb tidak membuat anda merasa menyesal di kemudian hari .

    Jd Jgn hanya sekedar suka doang dan melihat org ramai" memelihara nya anda menjadi ikut"an .

    Kesimpulan saya , Anda sama sekali tidak menyukai hewan dan juga tidak hobi.
    Dari fakta yg anda sebutkan di atas . masa baru pelihara hewan yg kecil saja , Anda sudah banyak mengeluh , gimana dgn hewan yg besar ?

    ini prinsip saya , klo saya tidak sanggup memelihara hewan mendingan jangan dipaksa. Nanti anda akan kecewa dan hewan peliharaan anda akan terlantar.
    Kasihan.

    Peace an luv utk para pecinta hewan , semoga hewan" peliharaan nya makin di sayang yah.



    ReplyDelete
  51. Replies
    1. Mau ga ribet mah mending miara titit aj brow.. Prasaan ga ada yg complain, paling jg kalo ada yg complain, ya yg miaranya sakit...

      Delete
  52. semua hewan akan jinak kalo dirawat dan dikasih makan pasti akan nurut, manusia juga gitu kalo dikasih makan kenyang pasti gak ada demo, kalo perut lagi lapar segala cara dihalalkan

    ReplyDelete
  53. yg nulis blog ini bisa di tebak : males, kurang info, dan ngga pernah mau cari info, sok tau nya tinggi...

    ReplyDelete
  54. gw baru adopt juga sepasang,yg jantan udah mulai keliatan botak nya tapi baik bgt.. hr pertama gw adopt lgsg gw pegang paling juga bbrp x crabbing habis itu ngegigit bbrp x tapi gigit nya ga kuat ky ditarik2 aja gt, nah yg si betina malah ga bs dideketin, bisa lgsg crabbing + menerkam dia super agresif, kaya nya impossible unttuk dipegang, krn tgn dijual kandang aja udah diterkam + crabbing.... jd mnrt gw SG mmg masing2 ada bawaan sifat dasar nya... ada yg ga aktif, ada yg blm bonding tp bersahabat... sisanya hny insting saja... nah skrg gw lg pusing ama ini betina si Ruby namanya sensitif bgt bawaan nya...

    ReplyDelete
  55. BRO MELIHARA BINATANG ITU HARUS PUNYA TANGGUNG JAWAB, KLO MISAL MATIJADI YA SIH PEMILIKNYA YANG HARUS BERTANGGUNG JAWAB NANTI. OH YA! SAMA MELIHARA BINATANG ITU SAMA DENGAN MELIHARA ANAK MU SENDIRI. GITU AJA BRO

    ReplyDelete
  56. Salute gue ama lu eyang sontroo... Lanjutkan perjuangan mu om., :D

    Berkat elu indonesia MELEK SG.,

    #keep fight for KPSGI

    #perwakilan KPSGI Regional MALANG

    ReplyDelete
  57. Punya trauma apa sama SG bro?
    kyanya Dendem banget, keliatan dari postnya

    ReplyDelete
  58. semua org punya pilihan, , pmikiran sodara tdk ada salahnya,,tpi kita smwa punya pmikiran dan pilihan masing2,,
    smangat broo,,muda2han ada pliharaan lain yg lbih cocok untuk kamu,,

    ReplyDelete
  59. mungkin yg dimaksudkan penulis ini bukan SG melainkan tupai terbang.
    serupa n mirip. kalau tidak teliti kita dapat dikecoh. sebe\agai pemula u/ merawat sg sebaiknya cr informasi yg terpercaya.
    ini pengalaman sy hr ini. karena mau membelikan saudara SG. teman saya jual lewat broadcast. berhubung sy pernah meihat punya kakak saya SGyg asli jadi saya lihat dan teliti terus brg yg dijual. serasa di hati ada yg beda. apa ini??? akhirnya sy telp kakak sy menayakan kaki depan sg berapa jumlahnya dan dijawab 5 5. koq yg hewan ini cm 4 4. wah ada apa gerangan??
    dr situ sy memutuskan tdk jd ambil.
    kemudian sy punya kenalan pecinta alam dan menanyakan jenis hewan apa yg sy lihat (kebetulan sy foto detil semuanya) dan dikatakan itu tupai terbang. untung tak jadi beli

    ReplyDelete
  60. SG GAK GITU KALIIIIIIIIIIIIIIIIIII........ ni aq baru adopt n ternak jg..... gak serumit yang diomongin diatas.... haduuh ni yang nulisbiasa miara kecoa paling ya ...

    ReplyDelete
  61. Aku br adopt 2 ekor SG joey asyik2 ja:)kl gk mau ribet,mending jgn pelihara ap2,ckp diem ja:)

    ReplyDelete
  62. :v, ga bermutu amat ini bloger.. Mangkannya juga kl mao miara apa2 cari tau bos.. Semua ada tutorial nya, gua baru di dunia SG , tapi sampe sekarang aman2 aja tuh..

    ReplyDelete
  63. Bilang aja gapunya duit buat beli sg

    ReplyDelete
  64. Bilang aja gapunya duit buat beli sg

    ReplyDelete
  65. Bilang aja gapunya duit buat beli sg

    ReplyDelete
  66. Bilang aja gapunya duit buat beli sg

    ReplyDelete
  67. Goblok lo yang nulis blog ini. Dari yg gw baca ditulisan lo ketawan banget lo bocah amatiran. Lo udah goblok yg ketipu ama lo lebih goblok lagi, apalagi yg muji di komentar ini lebih goblok lagi. Yang namanya memelihara hewan perlu adanya komitmen untuk memelihara. Jangan cuma anget2 tai ayam udah lama jenuh bosen ngasih makan ogah2an, pelihara robot aja! Semua binatang ga cuma butuh makan minum tapi ada kesehatan mental. Harus tau sebab2 stress nya kenapa kalau sakit bagaimana. Kalau nyediain makanan ga mampu ya ga usah, kere amat ngasih makan bubur bayi!! dan tau dulu karakter serta resiko jika dipelihara, bawa penyakit atau tidak. Bau itu wajar, lo klo berak ga di bersihin juga bau, ga mandi juga bau. Soal jinak/bonding semua hewan perlu waktu, ada adaptasi lingkungan minimal 3 hr sejak sampai di rumah, dan proses jinak pun ga ada yg gampang dan cepat, proses nya lama terjadi sama hal nya dengan semua binatang kecuali lo piara dari brojol! Berisik berarti aktif, yg bisa buat nandain dia sehat atau gak, semua binatang wajar aja klo berisik, karna waktunya malem yg ga wajar karena anak bocah udah harus tidur kalau malem. Semua binatang punya masa kawin, kalau pelihara 1 coba pikirin mampu ngasih pasangan nya ga buat ngilangin hasratnya? Kalau beli 2 sekaligus mampu pelihara ga 2 sekaligus? Gigit buat hewan pengerat buat bersihin gigi, baru di gigit hewan kecil aja takut, digitit nyamuk dbd baru gw takut. Selama perlakuan dari pemiliknya tidak kasar, kebutuhan untuk SG sendiri terpenuhi dengan baik, lingkungan dan kualitas udara yang baik, saya yakin SG bisa hidup lama dan lebih cepat jinak. Ini tulisan blog ingin memberikan edukasi tapi caranya ga ada sopan2 nya buat saya naik pitam ngebacanya. Caranya jgn gitu lah kalau mau ngasih info, udah tau mayoritas orang pada bodoh di tambah kebanyakan anak kecil yg beli ginian, yg pengen nya anget2 tai ayam doang. Saya sendiri belum pernah melihara SG, tapi saya dlu pernah piara bajing kelapa, piara udah 2 tahun idup terus sampai saya lepas ke alam, gigit ke orang lain sama saya ga tuh, ga ada hewan saya yg dipelihara saya jual. Kalau lo jual terus mati sama orang yg beli LO DOSA TAU!! Mau lo UDAH MISKIN DI DUNIA DISIKSA DI AKHERAT!! mending kalau ga mampu pelihara jgn melihara2 binatang lah, cari yg domestik aja kucing anjing. Jgn yg aneh2. Ini tulisan blog cari sensasi, memutus rejeki orang, tidak mengedukasi dengan benar dan kata2 yg pantas untuk umum. Mukanya aja kaya banci! pantes nya melihara kambing sama sapi aja ini yg nulis blog!!! GOBLOG

    ReplyDelete
  68. kesimpulannya menurut ane adalah, mas yang punya blog ini adalah mantan penjual Sugar Glider yang gagal, makanya doi bikin postingan begini karna kesel jualannya gak selaku yang dikatakan distributornya (induk penjual SG)

    maap mas kalo bisa mending postingannya di hapus aja, karena bisa ngerusak citra blog smasnya sendiri

    ReplyDelete
  69. SG yang Agan maksud Shot Gun kali bukan SugarGlinder.

    ReplyDelete
  70. kesabaran, kasih sayang, cinta, keyakinan dan usaha bisa membentuk ikatan batin antara si SG dgn yg adopt., :) cz alhamdulillah slama saya pelihara SG (udah 1 tahun 4 bulan) dengan mengikuti tatacara memelihara SG yg baik dan benar, mereka tdk seperti yg anda bilang. klo pun crabbing atau barking itu memang suara mereka n tidak setiap waktu mereka seperti itu, kalo nyakar ya itu krna yg adopt gk pernah memperhatikan kebersihan mereka, seperti tidak pernah memotong kuku'a. dari sekian pengalaman saya yang sudah-sudah selama memelihara jenis hewan perliharaan, cuma SG yang benar2 tidak membuat kandang'a bau ., :) dan lagi kebetulan usia SG jantan saya lebih tua dibanding betina, dan alhamdulillah sudah 2 kali melahirkan (melahirkan 2 anak). kelahiran anak yg ke 2 bulan oktober akhir 2013 (bbrpa bulan yg lalu)., inti'a postingan anda menunjukkan bahwa anda tdak sabar dan hanya memikirkan keuntungan saja.

    ReplyDelete
  71. Titit lu abis dimakan sugar glider kali ya kok kayanya benci banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha kamprett luh!!
      ngakak gua njir..
      hahahahahaha

      Delete
  72. Nek macan aku percoyo ..
    tpi nek sg orak percoyo

    ReplyDelete
  73. mantap nh posstx...... Ok lanjjutkn perjuanganmu walau byk yg menghujat jd bisa buat pertimbangan yg mo bli sg.......!!

    ReplyDelete
  74. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  75. PRO dan KONTRA pasti ada...
    Nah blog ini sudah sukses membuat PRO dan KONTRA...
    Seperti sebuah FORUM, FORUM akan ramai dikunjungi klo ada PRO dan KONTRA...

    Dan Terbukti BLOG ini banyak pengunjunnya, hehehe... sip2...

    ReplyDelete
  76. Sekali lagi saya tekankan. postingan ini saya dapat dari komunitas SG itu sendiri, dan saya cantumkan sumbernya di bawah.

    ReplyDelete
  77. Menurut gw, si mas bro sebenernya mo kasih warning ke newbie yg mo pelihara SG cuma karena ikut2an trend, karena SG lucu dan yg udh bonding bisa diajak maen. Karena buat newbie yg cuma anget2 tai ayam, pas berasa susahnya miara, lamanya SG bisa bonding, mungkin tar jd bosen dan akhirnya SG nya jd ditelantarkan. kalo buat gw, tulisan si mas bro ngebantu banget jd kita tau resikonya miara SG dan bisa siap2 (buat yg serius)

    ReplyDelete
  78. lebay banget najis, bilang aja lu males wkwk, muna amat, sini gua deh yang miara sg lo, siap paiara gue karena emang gue pecinta binatang, gua cewe yang emang sesitivan kulitnya. tapi gue bodo amat, selama hobi dan punya tanggung jawab buat ngerawatnya kenapa nggak? punya dendam apasihlu sama sg hah? miara sg itu harus butuh kesabaran, make hati, kalo lu bonding tapi lu kasar sama aja pea, sg itu kaya manusia gampang badmood gampang laper, punya hati buat dipethatiin, percuma lu punya hewan tapi gak dirawat, kalo misalnya gak mampu buat miara atau ngembangbiakin mending gak usah beli, jual aja ke orang lain, apa susahnya? kalo lu beli hewan cuman buat lucu2an tapi kaga diperhatiin enak? KAGA! gue anak kecil, gue emang masih sma, tapi gue care banget sama hewan1 yang ditelantarain apa nggak, jadi saran gue buat lo adalah... jangan beli kalo emang gak siap:) makasih.

    ReplyDelete
  79. Maaf sebelumnya, saya dari ssac (south sumatera animal club) kurang setuju dengan postingan ini, karena kita tahu bahwa memelihara hewan itu harus bekorban, dari segi keuangan, waktu dan tempat.. Tapi Semua itu akan terbayar ketika hewan yang kita pelihara sehat dan lucu enak untuk di bawa kemana".. Ga ada salahnya jika kita punya hobby memelihara hewan untuk sedikit berkorban :) peace and love

    ReplyDelete
  80. Wahh postingan goblog ni

    ReplyDelete
  81. Gw anggota kpsgi lu gak berhak nambah 2 kata2 gitu gan, itu kpsgi mengenali dan mengajar banyak tentang SG
    lu malah nyacat katanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakin situ anggota KPSGI?
      itu semua saya dapat dari facebook KPSGI lho.. kalo gak percaya silahkan cek sumbernya, saya cantumin kok tuh..

      Delete
  82. Hmmm .. Tp td sy megang sg temen anteng2 aja loh mas, trus tainya jg ga bau ky hasmter soalnya sy jg pernah melihara hasmter. Baunya ky terasi jd inget sambel, he he he

    Ada baiknya kita semua jgn saling menghujat, toh ga slamanya manusia benar .. Maafkan saja .. Jgn ribut krn SG, klo memang yg sudah berpengalaman melihara sg tau itu berbeda yasudah jgn dipikirin. Mungkin itu hanya masalah trauma, selebihnya yaa jgn pake emosi yaaa .. Lanjutkan melihara sg nya .. Ga ada mahluk hidup yg sempurna, pasti ada lebih dan kurang. Jadi sikapi saja dgn bijaksana kawan pecinta SG :)

    ReplyDelete
  83. Walaupun postingan ini meragukan, yg penting kan kawan2 yg melihara SG sudah paham :)

    Smakin menghujat, smakin dosa malahan yg bertambah :)

    Positif thinking saja broo sist

    ReplyDelete
  84. Orang gila org gila

    ReplyDelete
  85. ini tulisan om Sonny Catro, yang punya blog cuma copas aja mungkin ?

    ReplyDelete
  86. yup.. saya copas dari sini
    https://www.facebook.com/notes/kpsgi-klub-pecinta-sugar-glider-indonesia-/jangan-beli-sugar-glider-/10151263691360268

    ReplyDelete
  87. saran aja nih bro, mending sebelum copas artikel, lw survei dulu kebenarannya. gw pecinta binatang, dan mau pelihara berbagai macam hewan, awal gw mau beli sg jadi agak ragu karena gw masih termasuk newbie dan cari berbagai sumber info tentang sg. pas gw liat postingan lw, gw bener2 ragu buat beli. tapi pas tgl 7 maret kemaren gw nekad beli tuh sg dan masih joey oop baru 1 bulan. awal gw pegang emang crabing terus, makan juga mesti gw suapin pake pipet. tapi gw type orang yang ekstrem buat jinakin peliharaan gw, ada metode sendiri yg gw pake tanpa sumber dari orang lain. alhasil sekarang sg gw bonding banget sama gw, tiap hari gw becanda dan main sama sg gw. sg gw cuma 1 dan dia deket banget sama gw. masalah berisik, gak pernah tuh dia rewel, dia bersuara paling hising doang itu juga karena kangen sama gw. gw bales hising juga langsung dia nyamperin tangan gw. masalah gigit, ya emang gigit karena dia suka grooming dan dia nganggep gw udah deket banget sama dia jadi dia sering gigitin gw buat bersihin gw ceritanya, rambut gw juga digigitin, tapi beda ya sama gigit buat defens atau nyerang, gigitan sg gw nunjukin klw dia sayang sama gw dan gak sakit, apalagi sampe berdarah. jangankan sg gw, ular gw aja yang sempet gigit gw sampe berdarah, sekarang jinak banget bahkan makan aja suka gw suapin. ular jenis water tiger. sekedar share aja, apa pun hewan yang kita pelihara, asal kita ngerawatnya dengan kasih sayang ya bisa kita lihat sendiri hasilnya bisa happy ending.

    ReplyDelete
  88. Oyyy ane lagi nyari SG Harga murah meriah sekitar 300 kebawah atau pas 300 :( F2F bekasi jati asih.atau kasih tau alamat peternak SG di bekasi :) kalo ada Hub ; pin bb 769BC131 tweet ; @Bks_muhammad sms ; 081310007331 . Tq

    ReplyDelete
  89. klo menurutku yg Posting ini org bodoh dan akal otaknya di dengkul. org klo berilmu tentunya dia punya wawasan luas dan berpikir panjang. jd gak bodoh kayak yg bikin posting ini.
    butuh bukti apa ? ini ane beli SG usia 5 bulan. dlm waktu 2 hari dia sdh mengenal pemiliknya kok. !!
    klo urusan bau, kencing sembarangan dan PooP sembarangan itu wajar lah namanya binatang. ak yakin org yg posting ini mgkn stresss, ato putus asa cari SG yg harga 50rb gak dpt. wkwkkwkw...

    ReplyDelete
  90. postingan bengak sama kyk orangnya. piara homo aja kau kalo mau di manjain peliharaan

    ReplyDelete
  91. Saya adopt sepasang SG usia 3 bulan dari taun 2011. Sampai sekarang masih sehat walafiat dan beranak sampe 6 ekor. Syaratnya makanan tambah nutrisi (saya kasi madu madurasa 1/2 sachet n ulat tumbuk 2 minggu skali di bubur) dan adopt jantan yg g bonding(agresif dikit), kl yg betina yg bonding g masalah. Ngrawat g susah. Bonding yg susah. Kl crawling, crabbing, bau, bab dimana2 wajar, mreka basicnya hewan liar. Untuk biaya perawatan saya cuma habis 8ribu/minggu (1 sach SUN,1 sach madu+seribu rupiah untuk ulat) untuk 8 ekor SG saya. Asal niat plihara dan g bosenan, g akan sesulit itu. Jgn lupa potong kukunya kalau sudah bonding, biar g baret2 di kulit

    ReplyDelete
  92. Ane malah susah nyari toko yg jual joeynya...hehehe

    ReplyDelete
  93. Waaaaaaahhh, lebih ribet dari mpuz ternyata... Makasih infonya ya gan... Jadi mikir 2x neh sblm adopt...

    ReplyDelete
  94. haha
    itu mah cuma sg lo dah abis x buat dagangan
    gw piara 1 dirumah
    biasa aja
    gak bau
    nama nya binatang
    binatang apapun pasti gigit
    anjing bisa jinak total?
    ada saat nya perasaan dia gak enak nd bisa gigit bro
    kalao gamau di gigit mah jgn piara binatang
    gw piara sg 1 malah bonding ke gw
    nd semua orang dirumah gw ga pernah ada yg komentar kalao sg gw bau
    gak ada yg blg kalo sg gw itu BAU

    ReplyDelete
  95. Sori yah dgr pengalaman kamu, ampe spt km itu trauma gitu.
    Ku jg piara hamsters liar hampir semua jenis, modal nekad, digigit ampe berdarah terus, tp ku gak mau nyerah gitu, kunci nya ku temukan tgnku bau makanan di ujung kuku, jd kl cuci tgn usahakan celup ke sabun orange + vinegar apel. Trus wkt mau angkat/pegang mrk ku tgn di cover bedak baby/sarung tgn/plastik, hamsters takut pd suara plastik ampe kejut2, tp pas dah terbiasa ku gituin jd gak takut ama tgn manusia bahkan jg mereka berani jalan2 di tgn ampe ke bahu & kepala. Kl luka2 di cakar sih ku sering baret2, ku jg putih orgnya, tp gak peduli org lht luka2, kl sakit perih2 itu, bs kamu handle, pake BETADINE, dah kering terus beli Parasol sb bs tahan air, jd kl kamu mandi usahakan jgn di sabun dulu, kl mau cpt sembuh. Ku ini temuin sendiri cara krn gak mau nyerah, ampe hamsters berkembang, hrg nya itu ku beli dr petshop per ekor 100 ribu, krn sehat2, drpd dr pasar hewan gitu.

    Wkt kcl ku di gigit2 di muka oleh anjing sejenis herder tp kampung yg liar milik tmn mama ku, gak takut jg coba lbh dkt lagi pd tuh anjing di lain wkt/hari, hrs penuh kesabaran, kl jiwa kita takut, hewan apa aja pasti serang, jgn kan hewan, preman aja kl lht kita gak cool/dingin gayanya, pasti di palak, ku itu dah th perbedaanya dr pengalaman buruk. Makin ku dewasa ku th cr dekatin anjing galak spt gimana, sendiri itu cara ku dpt, hewan bs gigit krn dia th tdk temukan kenyamanan itu bg mrk, spt anjing bs khan th org jahat yg mana, bs bela org baik jg dr hati nurani nya.

    Kl ku dl awal geli emang ama hamsters, tp krn lucunya gak bs ku benci, biar gigitan itu sadis, biar cakar2, tp pd saat mrk jinak bs digunting kukunya, genggam mrk pake kain hangat dgn mata tertutup,
    TAKUT DI GIGIT, KSH MAKAN PAKE SUMPIT.

    SG pasti gak jauh beda ama hamsters, si defensive, justru ku lg penasaran mau piara, cm aja ku dah lht sih corak2 SG pd hancur lebur, spt gak asli, kawinan ama lokal, jd ku blm th kapan bs dpt yg anakan import SG.

    Penipuan pd Ikan dr peternak nakal2 di mandulin ku dah pernah kena tipu, tp ku gak nyerah kali ini mau beli yg bs di konsumsi utk bisnis kuliner, Ku test mrk, asal ingat 1 aja, jgn percaya lsg, jgn suruh COD, kl gak mau kena tipu, ku ambil aja guppies dr surabaya itu indukan hamil, tp anak2nya mandul semua biar dah pd dewasa, nakalnya tuh peternak ikan.
    Gitupun ikan air tawar, ku dah test mrk ku mau pilih sendiri, mau dtg ke tmpt mrk, takut mereka ama aku pas ku blg sambilan buat video wkt transaksi di tmpt mrk, itu ku anggap mrk bkn peternak.

    Org africa aja gak takut skrg ama LIONS/SINGA, mrk berani bantu tangkap terus kebiri yg jahat2 yg dah bunuhin kaum2 SINGA/LIONS, spt aku hamsters kl dah ganas dah makan ampe 1/2 bdn yg hamster jinak, ku kesal emang sb ku dah coba2 terus berkali2 ksh dia pasangan, tetap di dia makan jg, makanan asli nya gak mau di makan itu jantan yg ganas, tp krn muka nya lucu gembul hitam, gak tega aku mau ksh org jg, ku terus cr pasangan yg ganas jg, akhirnya dia keok, tp ku awasi, kl betina ganas, ku didik cr nya mudah dekatin aja plastik ke badannya kabur2, ketakutan, diemin lagi mrk, trus kl berantem lagi, 2 dua nya di takutin pake plastik, makin lama mrk th itu maksudnya mrk hrs akur dgn sesama, trus kl mrk dah baik tabiatnya, br ku ksh keju/ayam/wortel... tp berhasil jg sih cr ku itu, train mrk... sejak itu gak pernah lagi, mrk kawin terus.

    ReplyDelete
  96. KALIAN YG GAK KASIHAN AMA NIH PENGALAMAN DIA THP SG. harusnya malu jg, jgn marah2 ama dia, lu org hoki aja dpt yg jinak, gw nih dpt hamsters liar dl beli di tmpt2 selain PETSHOP, ampe pahit, yah itu tabiat hamsters lokal / import dah beda jauh.

    Itu SG kl di luar negeri, corak itu sama semua, di indo itu dah ada kawinan ama lokal, gw yakin itu, Sb anjing2 aja di sini, antara import dr manca negara biar itu nama type 1, corak berlainan, dipaksa breed, anak2nya hancur lebur coraknya pd jelek, warna gak solid spt di amrik.
    Lht aja di : www.anjingdijual.com --- berapa parah mrk breed TIBETAN MASTIF, yg jantan hitam solid, yg betina mrk sengaja utk jual jd pilih indukan warna coklat, anak2nya jelek2, kl di AMRIK yg di akui itu cm TIBETAN MASTIF hitam pekat, di indo di jual Rp 65 jt, gw ogah beli, mending ke luar negeri dpt yg hitam solid

    ReplyDelete
  97. KALIAN itu hrsnya yg pny hewan jinak, coba deh beli yg liar, pasti trauma jg, om ku aja wkt pisahin hamsters ku, dia di gigit ampe nembus gak mau lepas2, gw yg handle. Bg yg th piara hewan liar, share donk spt gw cr nya tuh, gak usah deh katain dia payah, embel2. Org kulit putih apalagi dia cewe, jelas bnyk yg gak mau luka2, terserah dia lah mau piara/gak piara lagi, itu khan dia sharing cerita tp khan dia gak paksa in org2 itu utk semua nya jgn beli SG, dia ksh kebebasan kok utk org2 pilih, terserah keputusan yg mau piara SG. KOK OTAKNYA DANGKAL GITU SIH, PENUH KOTORAN JD GAK KONSEN. KULIT LU ORG ITU HITAM, JD HATI BUSUK. BACA YG BNR, DI HAYATI, JGN DI NALAR KOSLET, TUH BIASA YG DOYAN AMA EM-EL JD KOSLET PIKIRANNYA THP TUH CEWE, GENDENG KALIAN.
    EH KULIT PUTIH DI MANCA NEGARA MRK PNY HAK PIARA KULIT, NAPA LU ORG SEWOT JG KL DIA ITU LUKA2 GARA2 SG. SOK LU ORG ITU, GAK DI TMPT, BKNNYA KSH TH AJA DIA KUKU NYA DI POTONG. HUH PAYAH OTAK DANGKAL. GW YAKIN LU ORG COWO TUH, YG DOYAN INJAK2 CEWE, KRN LU MAU JD RAJA SEGALA RAJA? GITU?
    GO TO HELL AJA. DON'T DARE TO WOMAN LIKE HER LAH.

    KU PERNAH DI HINA ORG, GARA2 KULIT PADA BARET2, DI KATAIN HABIS2AN, DI BILANG KUALAT, DLL. ITU PDHL BARETAN DR HAMSTERS KU. OTAK DANGKAL KL ORG LOKAL SUSAH DEH LU ORG. LU ORG IRI YAH AMA ORG KULIT PUTIH AMPE GITUNYA. COBA KL DI KICK AMA KU KELEMAHAN KALIAN. SENANG GAK?
    KL GAK SUKA, MAKANYA JD KOMENTATOR YG BNR DONK.
    KU CEWE GAK BS DI INJAK2 AMA SIAPA2, PASTI KU LAWAN KL DAH ORG PARAH.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau engga mau digigit ya jangan beli yang liar lah, aneh deh, mau dibilang "bolang"? kalau engga bisa peliahara yang jinak karena mahal ngaku aja, kali nanti dapat santunan dhu'afa dari orang lain. hidup lo aja ngerepotin, dipelihara bertahun2 engga ngasilin duit terus menerus, lucu kagak, aneh iye

      Delete
    2. Woy rasis bngt ini org, udah alay selangit bahasanya. Rasis nya ga ktulungan klo komen n ngetik itu mbok ya di pikir 2 kali. Mau pamer lu kulit putih atau hitam? Mau norak? Emang yg kulit putih di indonesia elu doang? Ga usah bawa2 ras lah. Koment lu ga nyambung sama topic di blog ini haduh2

      Delete
  98. heran... kalo di forum komunitas SG postingan ini di sanjung, di puji. tapi kalo di sini di hujat. hahaha
    padahal ini postingan saya copas dari komunitasnya langsung lho, sekedar sharing informasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedikit masukan aja gan. Klo ingin memberikan informasi di blog baiknya jgn asal copy full lalu di paste full. Lbih baik di filter dahulu dan lakukan survey. Baru stelah itu di tuangkan ke blog nya. Agar ga ada kesalahan penyampaiannya. Utk bahasa penulisan juga yg lbih baik sdikit lagi. Agar pembaca mengerti dan paham maksud yg anda sampaikan utk menghindari kesalah pahaman.
      Dan yg lain juga jgn asal koment dan saling menghujat, apa lg rasis. Ga nyambung kali. Ayolah saya yakin kalian bisa lbih dewasa dr pd ini

      Delete
  99. Bang ada juga yg jujur....
    Saya mencari di internet banyak penjual yg menulis sugar glider itu betul menggigit,bau,berisik... memang betul itu, jadi tidak semua orang itu penipu.
    Dan yang terpenting dalam pembelian SG itu klo sudah tertipu kya itu,ya tinggal niat dari hati merawatnya, kalo dirawat dengan betul juga hewan sebuas harimau saja bisa jinak....

    ReplyDelete
  100. Bikin artikel di blog makanya hsil pengalaman sendiri jngan hsil copas dari orang, it hak cipta orang n mungkin klo dya yg di hujat dya pasti punya alasan untuk menjawab hujatan tersebut

    ReplyDelete
  101. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  102. Mapus aje lo bro dasar goblok

    ReplyDelete
  103. pembohong anjing dasar artikel goblok,gw acak2 artikel lo anjing .sg gigitanya gasakit bego gw hack artikel loe

    ReplyDelete
  104. deeuhh.. tepok jidat baca komen-komen orang ni.
    pengalaman orang kan beda-beda... biarin lah dia ngomong (ngetik) apa ..
    selama sopan, tidak mencaci-maki, ngomong (ngetik) jorok...

    yang berhasil breeding SG, ngomong2 udah pernah release ke alam liar ga ???

    ReplyDelete
  105. Permisi semuanya..
    maaf numpang coret di blognya gan..
    buat para pecinta s.g se nusantara
    Bole sharing untuk perkembangan s.g kita. Buat para peng adops formula maupun senior, bole invite pin saya.
    7480eefa.
    Mari berbagi info nya...

    Thanks agan...
    salam
    Vra Bowo

    ReplyDelete
  106. Kocak nih komen2nya.. :D

    ReplyDelete
  107. Buat yg mo piara...ya beLiLah
    buat yg ga mo piara...ya jgn dibeLi

    ReplyDelete
  108. Wahhh ini salah besar gan... itu semua gimana pemiliknya gua aja nelihara 9 sugar glider dari dulu ga pernah gua berdarah atau parahh...itu semua gmana pemiliknya brooo

    ReplyDelete
  109. hihihi .. jadi lucu deh baca postinganya,, tadinya mau adopt SG juga, tapi gak deh saya akan tetap pada hamster2 saya saja yang sudah nurut my Hammy prima dan donna ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangsad donna itu nama ce gua kampret

      Delete
  110. Itukan kalo kita adoptnya yang liar dan dewasa! Makanya kalo mau adopt hewan dari yang masih kecil, dan dari breeder supaya jinak! Trus makanya dirawat dong! Masa iya lo punya SG gak dimandiin sama gak dipotongin kukunye? Trus satu lagi, siapa bilang gak bisa diajarin potty training? Gue buktinya bisa!

    ReplyDelete
  111. Woy kalo lo mau cariin vitamin c sm kalsium lu kasih aja buah2han ato susu..., lebih kaya vitamin malahan, lo kayak g pernah belajar ipa aja..-_- anak sd juga tau!

    ReplyDelete
  112. wooy lu goblok apa krang waras sihh lbih baik miara sg dri pda liat artikel lo.Miara hwan itu btuh pngorban brarti lo kere gk mau berkorbn dmi mknan sg yg murh cman bubur sma syur!!Mikir oakek otak jgn pake dengkul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Elu tuh yang ngomongnta pake dengkul -_- udik lu. Tamatan sd ye?? Heh diberi informasi bukannya pada makasih. Di cerna aja sih. Gak usah pada menghujat. Kaya lu pada bisa ngasih informasi yang bagus aja. Dasar gak punya tata krama. Gapenah makan bangku sekolah yaak -_-

      Delete
  113. kontol kontol memek gatel kowe iku.Jancoookk fuucckk yoouu eenaak aja lu menghina sg yg lucu ini gw gk trima.ayo kta fight di swah klo brani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heh diberi informasi bukannya pada makasih. Di cerna aja sih. Gak usah pada menghujat. Kaya lu pada bisa ngasih informasi yang bagus aja. Dasar gak punya tata krama. Gapenah makan bangku sekolah yaak -_- itu mulut atau comberannn ? Mulut lu sama sampah. Masih bagusan sampah.

      Delete
  114. Heh diberi informasi bukannya pada makasih. Di cerna aja sih. Gak usah pada menghujat. Kaya lu pada bisa ngasih informasi yang bagus aja. Dasar gak punya tata krama. Gapenah makan bangku sekolah yaak -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang pernah makan bangku sekolahan ya kakak? Serem bgt.. aku aja gak pernah d ajarin makan bangku ama mama ku..

      Delete
  115. Saya punya dah lahir 1 (jantan) umur sekarang sekitar 1.5 bln. Hasil dari perkawinan jantan umur sekitar 8 bln dan betina 9 bln. Sekarang yg saya lihat nduknya mulai aktifitas lagi. (Walaupun masih sering di gendong)

    Dan apa yg di bilang penulis di atas semuanya benar. Ya sebagai referensi bagi yang lain. . . Jangan sampai pas sudah beli malahan di biarkan gitu aja.

    Yang paling saya tidak tahan dari SG afalah bau kencingnya. Setiap di pegang pasti di kencingi(ditandai). Dan yang anaknya sekarang saat di pegang masih suka ngegigit.

    ReplyDelete
  116. sangat menarik sekali.. lumayan nambah pengetahuan hehe

    ReplyDelete
  117. Caranya gak gini bro emang ada benernya juga tapi lo over banget,thanks buat masukannya tapi lain kali dipikir kalo mau create somethings jangan asal nulis yang ada di pikiran lo

    ReplyDelete
  118. Jambakkkk,,,,

    Hajar kiri,,,,hajar kanan,,,,

    Wew postinganya pada nyampah dah,,,

    ReplyDelete
  119. Kalo mau beli yang murahh,beli aja di Jatinegara

    ReplyDelete
  120. Ane mau jual sg neh gan sepasang plus kandang 600 ribu aj. Minat 089677979699 jaktim

    ReplyDelete
  121. Masih ada ga sgnya ?
    Masih joey atau udeh gede ?

    ReplyDelete
  122. saya malah mau cari SG umur6 bulan, soalnya udah punya SG betina
    umur 1 tahun

    ReplyDelete
  123. Kontol memek lu pada

    ReplyDelete
  124. Sampah komen aja di blog orang

    ReplyDelete
  125. Yang bodoh itu kalian yang judge ,,,
    itu Sonny broooo KPSGI besar ,,, dia nulis kaya gini buat tau lebih banyak pro atau kontra terhadap SG,,supaya mata orang orang lebih terbuka sama SG...karna orang awam ada yg geli/takut di gigit sama SG ,,, nah komenan kalian yg PRO sama SG itu hanya untuk SURVEY kebeneran soal SG ...jd ga perlu Judge dalem dalem ... si penulis blog ini tuh SG lover banget ,,,doi penulis tentang SG juga..doi juga pembiak ,,kata kata diatas tulisan SOnY tapi seolah dia jadi diri orang lain yg tidak suka terhadap SG dgn alasan ini itu,,nahh kalian yg komen lah yg survey hasil nya bisa banyak Pro/Kontra... ingat si penulis blog ini KPSGI .. SG lover banget ,,hanya ditulisan ini seolah doi jadi orang yg Gak suka dgn SG ...
    tulisan tulisan diatas adalah pertanyaan pertanyaan orang awam,,dan jawabannya kalian yg jawab dr pertanyaan di atas untuk buktikan kebenaran soal SG ..thankss...

    ReplyDelete
  126. Biarin aja bro mau melihara .apa kaga ..loe melihara macan aja
    .gw aja melihara macan

    ReplyDelete
  127. Untuk pecinta Sugar Glider di daerah Cikarang ayo gabung di grup https://m.facebook.com/groups/846713265386225?ref=m_notif&notif_t=group_activity

    ReplyDelete
  128. Hahaha... bokis banget yg nulis,, SG gw jinak banget gak ad tuh yg namany crabing walau sekalipun mukanya di tiupin :D dan yg makin gw sayang sm SG gw udh bisa di ajak jalan2 naek motor tnp harus di pegangin atau di masukin kantong.. dia nempel terus di badan gak prnh loncat selama selagi motor jalan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ajj yg sg.a belum bonding dan tapi udah anteng sayang banget,, apalagi masnya yg udah punya naluri antar owner dan pet.a

      Delete
    2. Iya bersukur bisa ngadop sg ya mba desty,, usut punya usut trnyata yg pny blog ini udh bisa di bilang lama main sg,,,, sepertinya ada bakwan di balik udang di balik postingan ini... hihihi

      Delete
  129. ambil baiknya aja buat yg melihara buang buruknya. toh ada benrnya juga sebagian masukannya buat yg melihara SG dan saya juga mao adop SG.

    ReplyDelete
  130. Jangan terpengaruh oleh omongan sana sini,, tetap berpendirian teguh pada niat masing2 saja.. jika memang pecinta hewan pasti mereka sudah tau konsekuensinya,, sg bukan untuk lucu-lucuan saja walau mereka lucu..

    Memelihara hewan dr yg anda katakan memanglah sisi negatif yang sangatlah mencolok karana saya merasakan itu,, tapi jika di pikirkan lagi dari sisi negatif itu lah ada hal positif yang kita dapatkan.. semua itu bisa melatih kesabaran, ketelitian,, ketelatenan,,rasa tanggung jawab,, cinta dan kasih sayang terhadap makhluk hidup,, kepedulian,, kepekaan dan masih banyak lagi.

    Hewan sulit di latih untuk seperti manusia.. tapi manusia sendiri banyak yang kelakuannya seperti hewan.. padahal manusia diberi akal dan pikiran nafsu dll dan hewan hanya nafsu saja tapi banyak manusia yg menggunakan nafsunya dibandingkan akalnya..

    Seperti halnya menikah,, memanglah dilihat seperti enak indah dan bahagia,, tapi untuk mencapai itu semua kan ada begitu banyak konsekuensi yang harus kita tanggung..

    Kalau pengen enak melihara boneka berbie ajj kan cantik tuh lucu ga bau gg gigit gg puup n pee sembarangan ga harus ngasih makan malah jd gg rugi banget..

    #saran miara berbie saja

    ReplyDelete
  131. binatang pelihara binatang , ya susah la bos

    ReplyDelete
  132. Nggak ah,saya walaupun miara sg yang joey walaupun awalnya crabbing tapi dia udah akrab sama saya,dia juga nggak bau sama sekali menurut saya,pas malem malem dia gaberisik sama sekali,kukunya malah gabikin luka malah geli gitu dikulit haha,dia gigit tapi cuma gigit bercanda sambil jilat tangan saya gitu.menurut pandangan saya selama saya miara itu jauh beda sama apa yang ditulis diblog ini,serius saya gabohong

    ReplyDelete
  133. Sebetulnya buat orang2 yg hobby dg SG itu tidak berpengaruh sedikitpun.orang klo udah cinta kentutnya juga di anggap parfum.wkwkwkwkwk.....niat si penulis baik.tp mungkin gaya tulisannya agak sedikit di haluskan.supaya tidak terkesana menyampaikan pesan "jangan beli SG" :)

    ReplyDelete
  134. Satu hal lagi....klo mau tau tentang DG sebaiknya tanya dokter hewan aja.karena dia ahlinya

    ReplyDelete
  135. Nie saya rekomendasiin.drh.fira http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2014/05/cara-ternak-sugar-glider.html?m=1

    ReplyDelete
  136. Maaf ya kalau aku bertanya....aku punya sg si jantan usia 3 bulan, dan si betina usianya 6 bulan......adakah ia boleh mengawan...

    ReplyDelete
  137. jangan alay alay bang, ane punya SG 3 pasang ga ada yg nyusahin sama sekali ko kaya yg ente tulis di atas, emang butuh kesabaran buat melihara SG, lebih sabar lagi ya bang, kalo ga mao melihara SG jangan ngehasut orang orang buat jadi gasuka sama SG dan menganggap SG itu hewan yg menyusahkan. thx gan

    ReplyDelete
  138. makasihhh bgt om sekali lg makasih infonyaa

    ReplyDelete
  139. makasihhh bgt om sekali lg makasih infonyaa

    ReplyDelete
  140. makasihhh bgt om sekali lg makasih infonyaa

    ReplyDelete
  141. makasihhh bgt om sekali lg makasih infonyaa

    ReplyDelete
  142. Yah gan.. waktu lo bayi jg sering berak kencing ama gigit sembarangan..

    ReplyDelete